Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Antasida Untuk Asam Lambung


Antasida adalah obat yang digunakan untuk meredakan gejala yang ditimbulkan akibat naiknya asam lambung atau GERD. Normalnya, sistem pencernaan manusia sudah memiliki mekanisme perlindungan alami terhadap cairan asam. Karena produksi asam yang dihasilkan oleh lambung terkadang melebihi kadar normal, sehingga menyebabkan kerusakan pada beberapa organ pencernaan lainnya.

Normalnya, tingkat kadar keasaman paling tinggi hanya mencapai pH 2-3, semakin kecil angka tersebut artinya semakin tinggi tingkat keasamannya dan sebaliknya. Padahal dalam tingkat yang normal, asam berperan dalam membantu proses pencernaan protein. Namun jika tingkat keasaman semakin kecil akan berisiko merusak organ-organ lain seperti lapisan perut, usus, maupun kerongkongan. Sehingga akan timbul peradangan serta iritasi pada organ pencernaan yang menandakan adanya masalah seperti gastroesophageal reflux disease (GERD) dan maag.

Salah satu upaya yang dapat kita lakuakan ketika terjadinya peningkatan asam lambung adalah dengan mengkonsumsi obat antasida. Jadi, bisa disimpulkan bahwa obat antasida adalah obat yang diformulasikan khusus untuk menetralkan kadar asam didalam lambung.

Fungsi utama dari penggunaan obat antasida adalah membantu menetralkan kadar asam lambung dengan efektif untuk menekan berbagai gejala terkait peningkatan asam lambung, yakni:
  • Nyeri pada dada seperti terbakar (heartburn), yang juga bisa mengalir naik ke kerongkongan.
  • Rasa tidak nyaman pada tubuh, terutama saat berbaring.
  • Gangguan pencernaan, yang menyebabkan perut terasa sakit atau tidak nyaman, terasa penuh dan kembung oleh gas, hingga sendawa yang berlebihan.

Alasan mengapa obat antasida ini dapat mengobati asam lambung serta menekan gejala-gejalanya  dikarenakan antasida mengandung sejumlah bahan, seperti alumunium karbonat, kalsium karbonat, magnesium oksida, serta natrium bikarbonat, yang bersifat basa (alkali). 

Bahkan beberapa jenis antasida juga memiliki kandungan simetikon dan alginat. Dimana simetikon merupakan zat yang dapat membantu mengurangi kelebihan gas yang mengendap di dalam tubuh atau lebih tapatnya yaitu sisitem pencernaan.Sedangkan alginat adalah zat yang berfungsi dalam membantu meredakan gejala yang diakibatkan adanya kenaikan asam lambung.

Posting Komentar untuk "Manfaat Antasida Untuk Asam Lambung"