Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Pengertian Apa Itu Lembaga Filantropi


Salah satu istilah yang sering dikenal di Indonesia adalah filantropi. Istilah tersebut mempunyai pengertian atau makna pada kedermawanan dalam tindakan sosial. Kegiatan yang dilakukan tersebut dilakukan dengan memberi baik materi maupun non materi yang dapat untuk membantu banyak orang. Di mana arti kata tersebut berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata Philos yang berarti Cinta dan Anthropis yang berarti manusia. Sehingga dapat diartikan sebagai konsep untuk memberikan, melayani, dan juga asosiasi secara sukarela sebagai bentuk rasa cinta yang dipunyai.

Selain sukarela, ada juga lembaga yang bergerak untuk tujuan kemanusiaan tersebut. Lembaga filantropi adalah sebuah badan atau tempat yang seperti pengertian di atas mempunyai maksud dan tujuan untuk memberi. Lembaga ini adalah institusi nonprofit yang digunakan untuk menggalang dana dan ditujukan untuk kegiatan sosial. Untuk karakteristik lebih lanjut dan perlu dikenal dari lembaga dengan tujuan kemanusiaan ini adalah:

  • Lembaga kemanusiaan ini tanpa profit dan tidak memperoleh keuntungan. DI mana untuk tujuan dibangunnya lembaga tersebut adalah inisiatif rasa kemanusiaan yang dipunyai. Lembaga ini dibentuk dengan tujuan membantu dan cinta kasih sesama pada manusia.
  • Lembaga ini mempunyai kegiatan pada bidang sosial untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung. Untuk bantuan yang diberikan beragam dan biasanya didapatkan secara sukarela dari masyarakat.
  • Lembaga ini cepat bergerak untuk membantu masyarakat sesuai dengan bidangnya.
  • Mempunyai fokus dan tujuan yang jelas sesuai dengan misi dan visi yang dipunyai.
  • Mempunyai donatur yang donasi yang telah dikumpulkan akan disalurkan secara transparan.
  • Mempunyai sumber dana yang beragam dan pengawasan keuangan yang penting bagi organisasi.
  • Bisa menginspirasi pihak lainnya dengan membangun komunitas yang kuat.
  • Dapat mendengarkan kritik dan juga saran yang diberikan.

Salah satu lembaga kemanusiaan yang mempunyai fokus dan tujuan untuk membantu anak-anak yang perlu dikenal adalah Wahana Visi Indonesia. Lembaga nonprofit ini merupakan salah satu contoh yang bisa ditemukan di Indonesia dengan tujuan membantu anak-anak yang kurang beruntung di daerah Timur, Utara, dan Selatan. Anda bisa menjadi donor ataupun sponsor anak-anak dengan mengikuti program dari Wahana Visi Indonesia.

Posting Komentar untuk "Mengenal Pengertian Apa Itu Lembaga Filantropi"