Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catat! 5 Tips Memilih Coworking Space yang Tepat Agar Tidak Rugi


Keberadaan coworking space atau ruang kerja bersama semakin menjamur dimana-mana. Kecanggihan teknologi yang didukung dengan inovasi yang menakjubkan mampu menghadirkan konsep ruang kerja yang nyaman sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas seseorang. Semakin hari semakin banyak individu yang memilih untuk menyewa ruang kerja bersama daripada harus menyewa ruang kantor pribadi.

Umumnya, ruang kerja bersama kerap digunakan oleh para startup. Namun tak menutup kemungkinan pekerjaan lain seperti freelancer, blogger, bahkan konsultan menggunakan ruang kerja bersama sebagai tempat untuk menyelesaikan seluruh project dan pekerjaan hariannya. Jika Anda memutuskan ingin menyewa ruang kerja bersama, terlebih dahulu simak 5 tips berikut ini.

Perhatikan Fasilitas yang Ditawarkan

Ruang kerja bersama umumnya menawarkan berbagai fasilitas penunjang yang dapat mendukung pekerjaan Anda. Ruang kerja bersama biasanya menyediakan fasilitas seperti koneksi internet, AC, meja, kursi, printer, pantry, meeting room, loker pribadi, dan berbagai fasilitas lainnya. Pilihlah ruang kerja bersama yang menawarkan fasilitas lengkap sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena fasilitas juga berperan penting dalam meningkatkan produktivitas kerja Anda.

Pilih Lokasi yang Strategis

Dalam memilih coworking space, lokasi juga merupakan salah satu hal yang tak boleh luput dari perhatian Anda. Pilih lokasi ruang kerja bersama yang strategis, mudah dijangkau dan dekat dengan transportasi umum. Bayangkan jika Anda memilih ruang kerja bersama yang berada jauh dari keramaian dan tidak strategis, tentu Anda beserta tim akan kesusahan untuk menjangkau lokasi sehingga tingkat efektifitas akan berkurang.

Pilih Suasana yang Nyaman

Suasana ruang kerja bersama tentu juga akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat bekerja. Karenanya penting untuk memilih ruang kerja bersama yang memiliki suasana nyaman dengan desain dan penataan ruangan yang baik dan menarik. Perhatikan pula pencahayaan ruangan, karena bekerja di ruangan yang redup dan cenderung gelap justru dapat menimbulkan rasa malas dan bosan.

Pilih yang Menyediakan Koneksi Internet Kencang

Untuk apa Anda membayar sewa ruang kerja bersama jika fasilitas internetnya lemot atau tidak kencang. Tentu hal ini dapat menghambat produktivitas Anda, karena sebagian besar individu yang bekerja di ruang kerja bersama membutuhkan koneksi internet untuk mendukung pekerjaannya. Untuk itu pilih ruang kerja bersama yang menyediakan fasilitas koneksi internet yang ekstra kencang agar pekerjaan Anda pun dapat terselesaikan dengan cepat.

Sesuaikan Dengan Kondisi Finansial Perusahaan

Tak dapat dipungkiri para startup founder yang baru saja merintis bisnis umumnya memiliki modal yang minim atau terbatas. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencari ruang kerja bersama yang menawarkan harga terjangkau namun fasilitas yang didapat sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa melakukan survey harga sewa terlebih dahulu, sehingga nantinya tidak akan salah dalam menjatuhkan pilihan.

Itulah 5 tips memilih coworking space yang tepat agar Anda sebagai penyewa tidak merasa rugi. Kini Anda sudah tidak merasa bingung dalam menentukan ruang kerja bersama yang tepat bagi bisnis Anda.

Baca juga : Mari Mengenal Coworking Space dan Asal Muasalnya

Posting Komentar untuk "Catat! 5 Tips Memilih Coworking Space yang Tepat Agar Tidak Rugi"