Benarkah Air Kelapa Bisa Menurunkan Hipertensi


Menurut Dr. Danny, Air Kelapa memang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Air kelapa berbeda dengan santan, air kelapa yang dimaksud berasal dari dalam kelapa muda. Kandungan yang terdapat dalam air kelapa yaitu mengandung gula dan elektrolit (potasium dan sodium) yang dapat menyegarkan tubuh. Selain itu air kelapa juga mengandung vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium dan fosfor yang dapat memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Ada penelitian yang menyatakan bahwa air kelapa dapat menggantikan kehilangan cairan tubuh misalnya setelah berolahraga atau saat panas terik lebih cepat dibandingkan air biasa.

Memang pernah ada penelitian yang mengatakan bahwa air kelapa memiliki kemungkinan efek menurunkan tekanan darah tetapi hal ini tidak pasti dan tidak mutlak memang dapat menurunkan tekanan darah. Kondisi tekanan darah tinggi yang tidak ditangani dengan baik dapat menjadi awal mula dari timbulnya penyakit yang mematikan seperti stroke dan gangguan pada jantung. Jika sudah terkena darah tinggi lebih baik minum obat secara teratur sesuai anjuran dokter dan rutin kontrol berobat untuk memantau tekanan darah. Air kelapa hanya membantu secara alami saja, memang ada suatu penelitian yang mengatakan mungkin memiliki pengaruh menurunkan tekanan darah tetapi hanya dengan air kelapa saja tidak dapat mengontrol tekanan darah perlu obat untuk mengontrol tekanan darah, perlu juga diingat kandungan air kelapa yaitu ada gula dan elektrolit. Elektrolit yang berlebihan memiliki efek gangguan terhadap irama jantung, dan jika konsumsi terlalu banyak air kelapa juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan dapat meningkatkan bobot badan secara perlahan, sehingga perlu diperhatikan jumlah yang dikonsumsi jangan terlalu banyak satu gelas saja perhari.

Pembaca lain juga membaca:

Tekanan darah tinggi jika memiliki nilai sistolik dan diastolik > 140/90 berdasarkan beberapa kali pemeriksaan diluar aktifitas fisik. Tekanan darah juga dipengaruhi dari pola makan dan pola hidup yang kurang baik, juga jika ada salah satu dari keluarga yang mengidap tekanan darah tinggi juga meningkatkan peluang atau merupakan faktor resiko dapat terkena penyakit darah tinggi juga.

Beberapa anjuran yang sebaiknya diperhatikan :
  • atur pola makan yang sehat, kurangi yang banyak mengandung gula, lemak dan garam seperti gorengan, santan, kulit ayam, jeroan, msg, dsb.
  • perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • berhenti merokok
  • olahraga teratur seminggu min 3x dalam waktu tiap olahraga minimal 45 menit
  • hindari konsumsi alkohol

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Air Kelapa Bisa Menurunkan Hipertensi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel