Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Persiapan Materi Untuk Pidato Khutbah Jumat


Hari Jum’at merupakan  hari yang spesial bagi umat muslim. Hari tersebut merupakan hari raya mingguan umat Islam, dimana hari tersebut  banyak sekali sunnah-sunnah Nabi yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari itu, orang-orang muslim juga dianjurkan untuk tidak bekerja pada hari jum’at  karena pada siang hari ada kewajiban untuk melaksanakan sholat  jum’at. Sholat jum’at merupakan sholat yang diwajibkan bagi kaum muslim laki-laki sebagai pengganti sholat dhuhur pada hari jum’at, sholat jum’at tidak wajib bagi kaum muslimah perempuan, namun diperbolehkan.  Salah satu keistimewaan sholat jum’at adalah khutbah sholat jum’at yang harus ada khutbah karena khutbah termasuk dalam salah satu rukun sholat jum’at.

Dalam mengisi khutbah jum’at tentunya seseorang harus memperhatikan isi dari khutbah itu sendiri, karena apapun yang akan disampaikan harus memberikan pembelajaran bagi pendengarnya serta ada aturan dan tatacara dalam menyampaikan khutbah jum’at. Untuk itu akan lebih baik jika seseorang yang akan berpidato atau khutbah sebaiknya mempersiapkan materi pidato atau khutbah terlebih dahulu. Beberapa persiapan yang dapat dilakukan untuk menyampaikan khutbah jum’at diantaranya;

1. Menyiapkan materi khutbah jum’at

Untuk menyampaikan khutbah tentu kita harus menyiapkan materi khutbah jumat terlebih dahulu, hal ini berkaitan dengan isi dan nilai pesan yang akan disampaikan untuk para jama’ah sholat jum’at. Selain itu pemilihan materi yang tepat juga akan lebih bisa menghindari dari salah ucap, salah paham, atau pun salah penggunaan kata-kata dan dalil yang akan digunakan.

2. Membuat sistematika materi khutbah jum’at

Membuat sistematika khutbah jum’at sangat diperlukan, hal ini berkitan dengan aturan dalam penyampaian khutbah jum’at menurut syari’at Islam sendiri. Diatur dalam rukun khutbah jum’at mulai dari membaca hamdalah, membaca sholawat, memberikan dalil naqli, menyampaikan pesan dan nasihat, dan ditutup dengan doa dan permohonan ampunan.

3. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami jama’ah sholat jum’at

Penggunaan bahasa dalam penyampaian khutbah memang diharapkan mampu untuk dapat dipahami oleh setiap jama’ah sholat jum’at, terlebih di Indonesia sendiri yang memiliki banyak bahasa dalam keseharian, untuk itu diharapkan dalam menyampaikan khutbah bisa menggunakan bahasa yang mudah dipahami agar isi ataupun pesan dan nasihat dapat diterima jama’ah sholat jum’at dengan baik dan benar.

Posting Komentar untuk "3 Persiapan Materi Untuk Pidato Khutbah Jumat "