Mengintip Ciri Virus Corona yang Menyerang Tanpa Gejala


Covid 19 merupakan jenis penyakit baru yang menyerang manusia disebabkan oleh infeksi virus Corona. Belakangan ini ia memang tengah mewabah ke berbagai penjuru dunia dan menyebabkan masalah tersendiri bagi pemerintah. Mengingat efeknya bukan hanya terkait dengan kesehatan saja, melainkan juga melumpuhkan kondisi ekonomi yang ada di dalam sebuah negara. Itulah mengapa penyakit yang satu ini begitu ditakuti oleh masyarakat. Apalagi terkadang ciri virus Corona juga tidak terdeteksi.

Banyak memang aturan yang diterapkan oleh pemerintah sebagai upaya untuk pencegahan dan juga memutus rantai penyebaran dari Covid 19, namun sampai sekarang ini jika dilihat jumlah korban yang disebabkan olehnya juga tergolong masih cukup tinggi, bahkan semakin banyak dari waktu ke waktu. Salah satu alasannya juga tidak lain karena memang belum ditemukan vaksin yang benar-benar efektif untuk mengatasi virus ini. Ditambah lagi memang masih banyak diantara masyarakat yang belum menerapkan perilaku sesuai dengan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Adapun juga yang patut untuk diwaspadai adalah pasien pembawa virus atau carrier yang terkadang tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka tengah terpapar oleh Corona. Namun tetap ada beberapa ciri virus Corona yang menyerang seseorang tanpa menimbulkan gejala umumnya, diantaranya adalah:

  • Kehilangan indera pembau, istilah lainnya adalah anosmia, sebagian diantara pasien Covid 19 yang terpapar oleh virus ini nyatanya memang tidak mengalami gejala umum Covid 19 seperti diantaranya adalah demam tinggi maupun juga batuk kering sampai dengan sesak napas. Namun mereka kehilangan indera penciuman. Sehingga tidak bisa membaui sesuatu secara tepat atau jelas dan agak menganggu kehidupan sehari-hari.
  • Kehilangan indera pengecap, gejala lainnya yang kerap kali dialami oleh seorang carrier adalah indera pengecap atau lidah mereka yang mengalami masalah, karena tidak bisa merasakan makanan secara normal, kebanyakan diantaranya mengaku hanya merasakan pahit dan juga asin pada makanan, tidak rasa yang lainnya. Sehingga hal ini secara otomatis juga menurunkan nafsu makan mereka.


Patut untuk diketahui bahwa sebenarnya carrier ini yang paling berbahaya dibandingkan dengan lainnya, mengingat mereka bisa menularkan penyakit ini kepada orang lain tanpa disadari. Untuk itu ada baiknya Anda menerapkan beberapa hal ini agar terhindar dari Covid 19, diantaranya adalah:

  1. Terapkan gaya hidup bersih dengan rajin cuci tangan menggunakan sabun, baik itu setelah maupun sebelum melakukan sesuatu, karena hal ini sangatlah efektif di dalam membunuh kuman yang menempel di tangan, termasuk diantaranya adalah virus. Jika tidak sempat cuci tangan dengan sabun, maka Anda dapat menggantinya dengan memakai hand sanitizer.
  2. Gunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, apalagi ketika tengah berada di tempat umum.
  3. Pastikan untuk menerapkan social distancing, bahkan jika perlu tak harus keluar rumah kecuali untuk melakukan hal-hal yang penting saja, seperti diantaranya adalah membeli kebutuhan pokok dan sejenisnya.
  4. Konsumsi makanan yang bergizi, efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terinfeksi oleh virus.
  5. Makan makanan hingga benar-benar matang untuk mencegah virus tetap hidup di dalamnya.


Jika seandainya muncul ciri virus Corona, maka sangat disarankan bagi Anda untuk segera melakukan pengobatan, sehingga nantinya bisa cepat sembuh dan tidak menular kepada orang lain. Konsultasi masalah kesehatan Anda sekarang bisa dilakukan secara lebih mudah online, yaitu dengan mengandalkan aplikasi Halodoc.

Belum ada Komentar untuk "Mengintip Ciri Virus Corona yang Menyerang Tanpa Gejala"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel