5 Nutrisi yang Harus Ada di Makanan Ikan Koi


Makanan ikan koi – Jika ingin memelihara atau membudidayakan ikan koi penting bagi Anda untuk memperhatikan segala sesuatunya dengan baik termasuk dengan pakannya. Tanpa pakan yang baik ikan koi tidak akan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Pakan inilah yang nantinya bisa menunjang ikan koi bertahan hidup.

Jika pakannya salah ikan koi akan penyakitan yang mana menyebabkan kelangsungan hidupnya terganggu. Pakan yang salah akan membuat warna ikan koi tidak keluar coraknya, warnanya pudar, bahkan tumbuh kembang koi tidak maksimal dibandingkan dengan yang seharusnya.

Selain memperhatikan jenis pakannya, hal yang penting untuk diperhatikan adalah kandungan gizi atau nutrisi yang ada pada ikan koi tersebut. Kandungan itulah yang dipercaya bisa membuat ikan koi tumbuh semakin besar dan berkembang secara maksimal.

Simak beberapa kandungan gizi yang harus ada di makanan ikan koi yang penting untuk diperhatikan berikut ini:

Protein

Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan protein untuk tumbuh besar dan tinggi, namun ikan koi pun membutuhkannya. Selain bagus untuk pertumbuhannya, makanan ikan koi yang mengandung banyak protein ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki sel ikan yang rusak sehingga koi menjadi lebih sehat. Protein ini harus terdiri dari 13 asam amino esensial dimana protein alami ini bisa didapatkan dari cacing sutera dan juga pelet yang mana terbuat dari tepung protein tinggi.

Lemak

Pakan ikan koi yang baik sebaiknya yang mengandung lemak. Lemak ini merupakan sumber energi yang sangat bagus untuk pertumbuhan ikan koi. Lemak akan membuat bobot ikan koi bertambah dengan cepat. Lemak merupakan titik lebur rendah yang sangat mudah untuk dicerna ikan koi. Lemak ini secara alami akan bisa didapatkan dari ikan, gandum, dan juga kedelai. Namun yang harus Anda perhatikan adalah jangan memberikan makanan basi kepada ikan koi karena tidak bagus untuk tumbuh kembang ikan koi tersebut bahkan akan menyebabkan kematian.

Karbohidrat

Kandungan yang harus ada pada pakan ikan koi selanjutnya adalah karbohidrat. Karbohidrat ini menjadi sumber energi dan juga sumber metabolisme. Meski begitu jangan memberikan karbohidrat secara berlebihan karena membuat hati ikan koi bermasalah. Alasannya hati ikan koi ini mampu menyimpan glikogen jika kebanyakan karbohidrat kemampuan ikan koi dalam penyimpanan glikogen akan menjadi menurun kemudian menyebabkan fungsi hati terganggu.

Vitamin

Vitamin memiliki peran sangat penting untuk pertumbuhan ikan koi khususnya saat pemijahan. Akan tetapi vitamin yang diberikan janganlah terlalu banyak sebab bisa menyebabkan gangguan klinis pada tubuh ikan koi tersebut.

Mineral

Gizi dan nutrisi ikan koi terakhir yang wajib adalah mineral. Mineral kegunaan dasarnya adalah membantu meningkatkan metabolisme ikan koi sehingga penting untuk diberikan agar pertumbuhannya bisa terjaga secara maksimal.

Memberikan pakan ikan koi ini janganlah asal kenyang. Pastikan makanan ikan koi mengandung beberapa gizi atau nutrisi yang disebutkan di atas sehingga ikan koi lebih sehat dan menjadi cepat besar secara maksimal.

Belum ada Komentar untuk "5 Nutrisi yang Harus Ada di Makanan Ikan Koi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel