Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Tanda Tanda Menstruasi Pertama Kali pada Remaja


Ciri datangnya menstruasi pada anak yang beranjak remaja pada umumnya sangat bervariasi. Tanda tanda menstruasi yang terjadi pertama kali harus menjadi sebuah perhatian baik bagi orang tua maupun anak-anak yang beranjak remaja. Dengan begitu Anda maupun anak Anda tidak akan terkejut atau kebingungan ketika hal tersebut terjadi.

Menstruasi yang terjadi pertama kali pada anak-anak memang tidak ada yang dapat memprediksi atau memastikannya. Biasanya anak-anak akan mengalami menstruasi pertamanya pada usia 11 hingga 14 tahun. Tanda atau reaksi yang terjadi pada setiap anak pun akan berbeda-beda.

Tanda Tanda Menstruasi pada Anak

Haid pertama pada anak biasanya akan memunculkan beberapa sinyal yang dapat terjadi dalam rentang waktu minggu bahkan bulan sebelum menstruasi. Menstruasi umumnya muncul pada masa pubertas ketika anak-anak mulai beranjak remaja.

Tanda menstruasi yang biasanya muncul jauh sebelum benar-benar terjadi umumnya terlihat dari perubahan bentuk fisik hingga perubahan emosi. Seorang anak yang memasuki masa pubertas dan akan mengalami menstruasi umumnya akan mengalami pertumbuhan payudara. Selain itu anak-anak juga akan menjadi lebih emosional.

Jadi, jika Anda memiliki anak perempuan yang beranjak remaja dan mengalami beberapa hal tersebut maka tidak perlu terlalu khawatir. Sebab bisa saja hal itu merupakan tanda akan datangnya menstruasi.

Berikut ini adalah beberapa tanda menstruasi pertama kali yang umum pada anak remaja yang perlu dipahami.

1. Mengalami Keputihan

Mengalami keputihan bisa menjadi salah satu tanda-tanda haid pada anak usia 11 tahun. Keputihan merupakan hal yang normal pada masa pubertas dan terjadi beberapa bulan sebelum menstruasi.

2. Muncul Jerawat

Meskipun tidak semua mengalami, salah satu tanda remaja akan segera mengalami menstruasi adalah jerawat. Perubahan hormon yang terjadi akan merangsang produksi minyak yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

3. Muncul Bercak atau Flek

Tanda-tanda haid hari pertama yang umum muncul adalah keluarnya bercak atau flek dari vagina. Flek ini lama kelamaan akan berubah berwarna merah dan semakin banyak.

4. Pre Menstruation Syndrome

Salah satu dari banyaknya tanda tanda menstruasi yang sangat umum dialami oleh perempuan sebelum menstruasi adalah PMS. Perempuan yang sudah lama mengalami menstruasi akan mengalami gejala pre menstruation syndrome ini beberapa hari sebelum haid.

Anak remaja yang baru akan mendapatkan menstruasi pertamanya juga akan mengalami gejala PMS. Gejala tersebut dapat berupa rasa nyeri pada payudara atau menjadi lebih sensitif. Kemudian akan mengalami perubahan emosional yang dapat berupa mood swing.

Dalam beberapa kasus, seseorang juga akan merasa lelah hingga mengalami sakit kepala. Hal tersebut merupakan efek dari peningkatan kadar progesteron.

Jika anak perempuan Anda mengalami beberapa hal tersebut, bisa jadi merupakan tanda tanda menstruasi pertama akan segera datang. Anda tidak perlu khawatir dan lakukan persiapan untuk membantu anak menghadapi menstruasi pertamanya. 


Posting Komentar untuk " Kenali Tanda Tanda Menstruasi Pertama Kali pada Remaja"