Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Perbedaan Asuransi Umum dan Asuransi Jiwa


Setelah mengecek kondisi finansial terkini, Anda mungkin mulai menyadari pentingnya memiliki asuransi. Namun, asuransi apa yang harus diambil dulu? Ada banyak istilah dalam dunia asuransi, tapi kali ini Anda perlu mengetahui yang paling penting, yaitu perbedaan asuransi umum dan asuransi jiwa. 

Keduanya sangat bertolak belakang dari segi arti maupun tujuannya. Namun yang jelas, keduanya bisa saling melengkapi.

Memahami 8 Perbedaan Asuransi Umum Dan Asuransi Jiwa 

Mengenal kedua istilah tersebut adalah pondasi dasar pemahaman dunia asuransi. Sebelum memilih salah satu, Anda wajib memahami seluk beluk di baliknya.

Baik asuransi umum dan asuransi jiwa sama-sama bisa Anda dapatkan di perusahaan asuransi yang bonafit dan terpercaya seperti Allianz Life Indonesia. Keduanya juga tersedia dalam berbagai produk yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. 

Hal yang baik bila Anda membeli sepaket asuransi jiwa dengan beberapa jenis asuransi umum. Namun jika harus memilih, maka ketahui perbedaannya berikut ini. 

  • Makna Istilah

Secara istilah, keduanya memiliki makna yang berbeda. 

  • Asuransi Jiwa

Sesuai namanya, asuransi jiwa fokus pada nyawa seseorang. Jika Anda adalah seorang pencari nafkah atau tulang punggung keluarga maka memiliki asuransi jiwa menjadi sangat penting. 

Anda bekerja siang malam demi keluarga adalah sebuah tindakan yang mulia. Namun apa yang terjadi pada keluarga nantinya bila Anda meninggal? Kematian adalah pasti, tapi waktunya tak pernah bisa ditebak. 

Asuransi jiwa bisa membantu Anda merasa tenang. Apabila terjadi sesuatu yang membuat Anda kehilangan nyawa, keluarga dapat melakukan klaim dan menerima kompensasi dari pihak asuransi. 

  • Asuransi Umum

Asuransi umum merupakan semua asuransi yang tidak berkaitan dengan nyawa secara langsung. Jenis pertanggungan ini akan memberikan kompensasi pada Anda atas terjadinya musibah, kehilangan, kerusakan, dan berbagai hal buruk lainnya. 

Asuransi umum memberikan proteksi pada berbagai hal yang penting dan berharga bagi Anda. Keberadaan asuransi umum ini penting untuk memastikan rencana keuangan Anda tidak terganggu karena kerusakan atau kehilangan barang berharga. 

  • Jenis Produk Asuransi

Untuk lebih memahami perbedaan kedua asuransi ini, Anda perlu memahami jenis-jenis produknya. Ada banyak jenis produk asuransi umum, misalnya sebagai berikut: :

  • Asuransi barang (contohnya rumah, benda kesayangan, handphone, laptop)
  • Asuransi kendaraan 
  • Asuransi perjalanan (perjalanan bisnis, rekreasi, dan berbagai jenis perjalanan lainnya)
  • Asuransi kesehatan (umum atau terhadap penyakit tertentu)
  • Asuransi komersial
  • Asuransi pengiriman (sering ditemui pada jasa ekspedisi atau e-commerce)
  • Asuransi kecelakaan

Sementara itu, jenis produk asuransi jiwa dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu:

  • Asuransi Seumur Hidup

Asuransi seumur hidup memberikan proteksi hingga usia lansia tertentu sesuai dengan produk yang Anda pilih. Premi dari asuransi ini akan Anda setorkan selama kurun waktu tertentu sesuai kontrak. 

  • Asuransi Berjangka

Asuransi berjangka termasuk tipe proteksi jiwa yang lebih fleksibel. Anda bisa memilih berapa lama asuransi jiwa tersebut dibutuhkan.

  • Asuransi Dwiguna

Ini adalah salah satu jenis asuransi yang paling banyak peminatnya saat ini. Asuransi Dwiguna menawarkan 2 keuntungan dalam satu kontrak yang sama, yaitu proteksi dan investasi. 

Pada asuransi jenis ini, sebagian dari premi yang Anda setorkan akan dikelola oleh manajer investasi pada lembaga asuransi, sehingga ada potensi keuntungan dari nominal yang ada.

  • Jangka Waktu Asuransi

Perbedaan asuransi umum dan jiwa yang kedua adalah pada jangka waktunya. 

Asuransi umum tergolong berjangka pendek, karena panjangnya maksimal hanya seusia barang yang Anda asuransikan. Begitu pula dengan asuransi terhadap kesehatan dan lainnya, semua punya jangka waktu yang relatif lebih pendek.

Secara umum, asuransi jiwa berjangka panjang. Kontrak asuransi jiwa adalah dari sejak pembayaran premi pertama kali, hingga sang pemilik asuransi meninggal.  Terutama pada asuransi seumur hidup. Asuransi ini cocok untuk Anda yang menginginkan kesejahteraan anak cucu nanti.

Meskipun demikian, sekarang sudah ada asuransi jiwa berjangka. Asuransi ini nilainya relatif rendah, tapi premi bisa hangus setelah jangka waktu tertentu. Asuransi ini biasanya populer di antaranya mereka yang bekerja dalam risiko tinggi dengan jangka waktu singkat. 

  • Sifat Kontrak

Asuransi umum bersifat ganti rugi atau menggunakan prinsip indemnitas. Contohnya bila Anda mengasuransikan mobil dan kemudian kacanya rusak, maka kaca mobil tersebut yang akan mendapatkan ganti rugi dari asuransi. Pihak asuransi akan membayarkan sebagian dari total nominal perbaikan, sesuai dengan perjanjian di awal. 

Sementara itu, asuransi jiwa tidak menganut prinsip indemnitas dan tidak dapat disebut sebagai ganti rugi. 

  • Penerima Kompensasi

Aspek ini juga menjadi perbedaan inti dari asuransi kesehatan umum dan asuransi jiwa. Pada asuransi umum, penerimanya adalah Anda sendiri, orang yang memiliki polis dan menyetorkan premi. 

Contoh kasus tersebut misalnya asuransi rumah yang juga menanggung kerusakan akibat musibah. Apabila terjadi gempa bumi dan rumah Anda rusak, maka pihak asuransi akan memberikan kompensasi sesuai nilai bagian-bagian yang rusak. Anda sebagai pemilik polis bisa melakukan klaim sendiri dan menerima kompensasinya.

Hal ini sama dengan asuransi kecelakaan. Saat seseorang mengasuransikan dirinya pada asuransi kecelakaan, ia akan mendapatkan proteksi apabila kecelakaan yang tersebut dalam polis terjadi. Apabila orang tersebut kecelakaan, dana kompensasi dapat dia klaim. 

Namun tidak demikian dengan asuransi jiwa. Apabila seseorang memiliki asuransi jiwa, dia tak dapat melakukan klaim sendiri. Klaim hanya dapat dilakukan oleh ahli warisnya. 

  • Waktu Penerimaan Kompensasi

Asuransi umum dapat memberikan kompensasi berkali-kali sesuai dengan kontrak polis yang Anda tandatangani. 

Contohnya, Anda bisa mengasuransikan laptop beserta berbagai kerusakannya selama 4 tahun. Selama 4 tahun itu pula, apabila laptop mengalami kerusakan karena penyebab yang tertera dalam kontrak, maka klaim dapat Anda ajukan. Apabila sudah sesuai dengan syarat klaim, maka uang kompensasi akan terkirim ke rekening. 

Sebaliknya, asuransi jiwa memberikan kompensasinya satu kali saja, pada saat pemilik polis meninggal. 

  • Jumlah Kompensasi

Pada asuransi jiwa, kompensasi yang dapat ahli waris klaim adalah sejumlah yang telah dijanjikan pada awal penandatanganan kontrak dengan pemilik polis. Jumlah ini tentu berbeda-beda tergantung lembaga asuransi, jenis produk yang dibeli, dan juga jumlah premi yang dibayarkan selama pemilik polis hidup. 

Pada asuransi umum, jumlah kompensasi yang dapat diklaim oleh pemilik polis sangat tergantung pada jenis kerusakan atau kehilangan. Hal ini juga disesuaikan dengan kontrak awal yang Anda tanda-tangani. 

Anda dapat mengambil contoh asuransi Allianz RumahKu Plus yang memberikan proteksi untuk rumah tinggal tidak lebih dari 3 lantai dan tidak termasuk ruko. Dana kompensasi yang dapat diklaim apabila terjadi pencurian akan berbeda dengan ketika rumah runtuh karena gempa bumi. 

  • Ketersediaan Fitur Tabungan

Hampir semua asuransi umum tidak memiliki fitur tabungan. Ini karena asuransi umum, apa pun jenisnya, kontraknya bersifat indemnitas. Dengan begitu, kompensasi akan diberikan ketika ada kerugian.

Pada asuransi umum, seorang pemilik polis hanya ingin memberikan proteksi lebih pada barang atau kesehatannya. Pemilik polis tidak memiliki tujuan mengumpulkan kekayaan melalui pembelian polis. 

Berbeda dengan asuransi umum, asuransi jiwa ada yang murni dan ada yang juga memiliki fitur tabungan dan investasi. Adanya komponen tabungan pada asuransi jiwa akan memungkinkan uang kompensasi yang didapatkan nantinya lebih banyak daripada hanya sekedar asuransi murni. 

Manfaat Memiliki Asuransi Umum dan Asuransi Jiwa

Saat ini semakin banyak orang memahami pentingnya asuransi. Baik asuransi umum maupun asuransi jiwa punya manfaat masing-masing sesuai dengan apa yang ditanggung. Secara spesifik, ini manfaat asuransi jiwa dan umum.

Manfaat Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memang sangat penting keberadaannya. Meskipun kadang menjadi topik yang cukup sensitif dalam keluarga, tapi asuransi jiwa memiliki beberapa manfaat, di antaranya sebagai berikut: 

  • Melindungi keuangan keluarga saat kejadian yang tak terduga terjadi.
  • Melunasi hutang yang muncul karena kehilangan yang tiba-tiba dan menggantikan pendapatan yang hilang.
  • Menjadi biaya pendidikan anak saat orangtuanya meninggal.
  • Memberikan rasa tenang terkait nasib orang yang ditinggalkan, sama seperti halnya mewariskan sesuatu.

Manfaat Asuransi Umum

Asuransi umum memiliki jenis yang begitu banyak, dan masing-masing kategori memiliki manfaat yang berbeda. 

  • Asuransi Kesehatan

Anda pasti pernah mendengar atau mengalami sendiri betapa mahalnya biaya tindakan kesehatan, terutama seperti melahirkan, operasi, dan sebagainya. Kadang Anda tidak merencanakan operasi atau penanganan tertentu, tapi tiba-tiba harus menjalaninya. 

Banyak orang kehilangan kesempatan mendapatkan perawatan kesehatan terbaik karena tidak memiliki cukup uang. Padahal dengan asuransi kesehatan, Anda dapat memastikan orang tersayang mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Dengan asuransi kesehatan, Anda dapat mendapat ganti untuk pembelian obat, alat kesehatan, biaya opname, serta penanganan lainnya. Anda hanya perlu fokus dengan pemulihan, dan biarkan asuransi yang mengurus perkara biayanya.

  • Asuransi Tempat Tinggal

Asuransi tempat tinggal sangat penting, terutama jika Anda tinggal di Indonesia. Tak ada yang tahu kapan gempa bumi, banjir, atau kebakaran bisa terjadi. Membeli polis asuransi rumah memberikan proteksi pada kerusakan yang ditimbulkan oleh hal-hal tersebut. 

Dengan demikian, pada saat rumah mengalami kerusakan, Anda tidak perlu panik merogoh tabungan atau mencari hutang untuk renovasi.

  • Asuransi Kendaraan

Apabila kecelakaan terjadi, maka ada banyak kerugian yang Anda alami. Bisa jadi kendaraan Anda yang rusak, atau kendaraan orang yang Anda tabrak. Bergantung pada produk yang dipilih, ada beberapa jenis asuransi kendaraan yang memberikan proteksi, bahkan kepada pihak yang dirugikan.

Asuransi kendaraan juga dapat melindungi Anda dari pencurian dan bencana alam. 

  • Asuransi Perjalanan 

Kalau Anda suka melakukan perjalanan, maka jenis asuransi umum yang satu ini sangat penting. Asuransi ini menawarkan berbagai proteksi untuk kejadian tidak menyenangkan selama perjalanan. Mulai dari kecelakaan, kehilangan koper, bahkan penundaan atau pembatalan penerbangan. 

Membeli polis asuransi perjalanan akan membuat Anda merasa lebih tenang saat bepergian. Kekhawatiran terhadap kejadian tak terduga dapat diminimalisasi. 

Temukan Produk Asuransi Terbaik

Jadi, sudahkah Anda menentukan mana yang akan Anda pilih? Asuransi jiwa sangat penting untuk memastikan kesejahteraan orang-orang tercinta saat pemilik polisnya meninggal dunia. Sementara asuransi umum, memberikan ketenangan dengan proteksi tambahan pada hal-hal yang Anda miliki.

Setelah mengetahui perbedaan asuransi umum dan asuransi jiwa, Anda dapat menyimpulkan mana yang paling pas. Apapun asuransi yang Anda pilih, temukan produk terbaik di Allianz Life Indonesia.

 

Asuransi Kesehatan | Asuransi Kesehatan Keluarga | Asuransi Kesehatan Cashless | Asuransi Jiwa | Manfaat Asuransi Jiwa | Asuransi Jiwa Syariah | Asuransi Syariah | Asuransi Kesehatan Syariah | Produk Asuransi Syariah | Premi asuransi Kesehatan | Daftar Rumah Sakit | Manfaat Lari | Asuransi Syariah di Indonesia | Cara menjaga kesehatan | Polis Asuransi

 

NAP :

Allianz Life Indonesia

World Trade Centre 3, Lantai 10-15 

Jl. Jenderal Sudirman, RT.8/RW.3, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, 

Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

+622129268888 / ContactUs@allianz.co.id

 

Google Maps :


FAQ

  • Apa saja perbedaan Asuransi Umum dan Asuransi Jiwa Allianz Life Indonesia?

Jawab: Terdapat beberapa perbedaan pada Asuransi Umum dan Asuransi Jiwa seperti berikut ini:

  • Makna istilah
  • Jenis produk asuransi
  • Jangka waktu asuransi
  • Sifat kontrak
  • Penerima kompensasi
  • Waktu penerimaan kompensasi
  • Jumlah kompensasi
  • Ketersediaan fitur tabungan
  • Apa saja manfaat memiliki Asuransi Jiwa Allianz Life Indonesia?

Jawab: Asuransi jiwa memiliki beberapa manfaat, di antaranya sebagai berikut: 

  • Melindungi keuangan keluarga saat kejadian yang tak terduga terjadi.
  • Melunasi hutang yang muncul karena kehilangan yang tiba-tiba dan menggantikan pendapatan yang hilang.
  • Menjadi biaya pendidikan anak saat orangtuanya meninggal.
  • Memberikan rasa tenang terkait nasib orang yang ditinggalkan, sama seperti halnya mewariskan sesuatu.
  • Apa saja manfaat memiliki Asuransi Umum Allianz Life Indonesia?

Jawab: Asuransi umum memiliki jenis yang begitu banyak, dan masing-masing kategori memiliki manfaat yang berbeda, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi tempat tinggal
  • Asuransi kendaraan
  • Asuransi perjalanan

Posting Komentar untuk "8 Perbedaan Asuransi Umum dan Asuransi Jiwa "