Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra


Daihatsu Sigra pernah kali diluncurkan pada tahun 2019 dan bertahan hingga sekarang. Mobil bisa bertahan karena terus mengalami penyegaran khususnya di bagian interior dan eksteriornya.

Pada varian terbaru, Mobil Daihatsu Sigra ini dijual dengan harga 130 juta hingga 171 juta rupiah. Perbedaan harga ini tergantung dari varian yang kamu pilih pada mobil ini.

Namun sebelum kamu memilih varian pada Sigra sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya. Dengan informasi ini kamu bisa menentukan apakah mau membeli mobil atau tidak.

Kelebihan Daihatsu Sigra

Sebagai pertimbangan saat akan membeli mobil Sigra, berikut beberapa kelebihannya:

Irit Bahan Bakar

Sigra masuk dalam kategori mobil LCGC ( Low Cost Green Car). Dengan kategori ini jelas membuat mobil ini kelebihan utamanya di bahan bakar yang lebih irit dan efisien.

Iritnya bahan bakar karena Sigra menyematkan mesin berkapasitas 1.0 dan 1.2 liter. Selain itu ada teknologi VVT-I yang membuat bahan bakar mobil ini lebih irit dengan perbandingan 10.5:1. Namun saat pengisian bahan bakar tidak disarankan menggunakan premium atau yang oktannya hanya 88.

Kabin Super Luas

Kabin juga menjadi salah satu keunggulan dari mobil ini dan terbilang lebih luas. Hal ini bisa terlihat dari jumlah penumpang yang muat hingga 7 orang. Dengan kapasitas tersebut tentu dimensi mobil ini terbilang lebih panjang. Untuk dimensinya berukuran 4.100 mm x 1.655 mm x 1.600 mm sehingga ruang geraknya bisa lebih leluasa.

Sistem Multimedianya Sudah DIgital

Multimedia yang ada pada mobil ini sudah menggunakan sistem digital atau layar sentuh. Dengan demikian, kamu bisa mendengarkan musik atau audio cukup dilakukan dari smartphone. Bahkan ketika ada panggilan telepon juga bisa terkoneksi dengan sistem yang ada di mobil dengan menggunakan Bluetooth.

Kekurangan Daihatsu Sigra

Dibalik kelebihan pada mobil ini ternyata ada juga berbagai kekurangannya seperti:

Sistem Peredamnya Kurang Bagus

Mobil ini menggunakan sistem peredam yang kurang bagus dan ini yang menjadikan alasan kendaraan ini dijual dengan harga terjangkau. Dengan sistem seperti ini tidak heran jika saat dikemudikan ada suara bising dari luar kabin. Suara ini tentu kurang nyaman bagi pengemudi dan penumpang selama perjalanan.

AC Kurang Terasa Dingin

Sigra dikenal memiliki AC yang hembusannya kurang baik dan tidak merata. Dalam kondisi seperti ini AC ini hanya seperti kipas saja sehingga kurang begitu terasa dinginnya.

Hembusan ini tidak terasa karena air circulator bukan double blower sehingga tidak sampai ke belakang. Dengan demikian, penumpang di baris dua dan tidak akan merasakan hembusan anginnya.

Mesin dan Rem Standard

Sigra menggunakan mesin berkapasitas 1.200 cc dengan 4 silinder dan berteknologi VVT-I. Mesin semacam ini masih terbilang standard dan performanya tidak terlalu bertenaga khususnya yang transmisi otomatis.

Selanjutnya dari sisi Rem masih belum mengandalkan ABS (Anti-lock Braking System) di varian manual. Jenis Rem ini disematkan pada Sigra yang bertipe X dan R dengan transmisi otomatis. Jenis rem seperti terbilang cukup berbahaya khususnya bagi pengemudi pemula.

Dengan semua kelebihan dan kekurangan pada Sigra tentu bisa menjadi bahan pertimbangan saat akan membeli mobil. Jika kamu sudah ahli dalam mengemudi maka mobil layak dimiliki karena mengedepankan irit bahan bakar.

Namun jika masih pemula tidak disarankan karena rem masih belum ABS sehingga cukup berbahaya. Selain itu jika kamu mengutamakan kenyaman mobil ini juga terbilang kurang karang AC jura berfungsi dengan baik.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra"