Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Beragam Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Temulawak pada dasarnya merupakan rempah asli Indonesia yang mudah sekali untuk dijumpai. Ia banyak diaplikasikan sebagai bahan herbal atau alami untuk pengobatan. Bahkan banyak diantaranya obat-obatan alami China yang mengaplikasikan bahan ini. Rempah yang memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza ini memiliki kulit yang warnanya adalah kuning muda. Dulunya ia banyak tumbuh di hutan, khususnya adalah hutan jati. Namun semakin kesini ada banyak diantara masyarakat yang membudidayakannya, khususnya di pekarangan rumah mereka. Karena banyak yang sudah mengenal manfaat temulawak tersebut, bahkan ia juga dapat dijual.

Banyak sekali kandungan senyawa bermanfaat yang ada di dalam temulawak ini, mulai diantaranya adalah kurkumin, kalium, natrium, magnesium, zat besi sampai dengan serat juga ada di dalamnya. Dengan beragam senyawa berkhasiat yang memang terdapat di dalam bahan yang satu ini, tak heran jika seandainya manfaatnya untuk kesehatan juga sangat banyak, diantaranya adalah:
  • Mengobati masalah pencernaan, ia dapat merangsang produksi cairan empedu yang bagus untuk meningkatkan metabolisme atau pencernaan zat-zat makanan yang ada dalam tubuh. Bukan hanya itu, bahkan beberapa jenis penyakit atau masalah kesehatan lain seperti perut kembung, pencernaan yang tidak lancar juga dapat diatasi dengan konsumsi temulawak secara rutin. Bahkan peradangan usus juga bisa membaik dengan mengandalkan bahan alami yang satu ini.
  • Meningkatkan nafsu makan, sering kali banyak tentunya diantara orang tua yang kesulitan untuk menyuruh anak untuk makan. Padahal jika seandainya asupan gizi kurang tentunya dapat memicu beragam masalah kesehatan, tak perlu membeli obat-obatan yang banyak dijual di pasaran. Melainkan cukup mengandalkan temulawak ini akan membantu nafsu makan mereka meningkat.
  • Mengobati osteoarthritis, bagi pasien yang mengalami gangguan layaknya osteoarthritis maka tidak perlu khawatir. Karena sebenarnya temulawak ini memiliki efek yang sama dengan ibuprofen, dimana nantinya ia dapat bekerja untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada pasien atau penderita osteoarthritis ini.
  • Dapat mencegah penyakit kanker, kanker masih menjadi salah satu pembunuh yang begitu mematikan. Ternyata tanaman yang satu ini juga bisa membantu dalam mencegah penyakit berbahaya tersebut. Karena bisa menghambat dan juga mencegah perkembangan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh. Karena memang kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga cukup tinggi.
  • Obat antiradang, senyawa antiradang yang ada di dalam temulawak ini nantinya akan menghambat produksi dari prostagladin yang bisa memicu terjadinya peradangan. Sehingga beberapa jenis penyakit radang, seperti diantaranya adalah radang sendi juga mampu diobati menggunakan bahan alami yang satu ini.
  • Mengobati jerawat, kini tak perlu bingung lagi untuk mengatasi jerawat membandel yang senantiasa tumbuh. Karena ternyata temulawak ini juga bersifat astrigent yang bisa mengurangi produksi minyak yang berasal dari kelenjar minyak. Juga ada kandungan antiseptik di dalam rempah yang satu ini, dimana ia bisa membersihkan kulit dari bakteri-bakteri penyebab jerawat. Sehingga lama kelamaan peradangan jerawat ini juga akan sembuh.
  • Bisa menjaga kesehatan hati, khasiat dari temulawak ini ternyata juga bisa melindungi kesehatan liver atau hati dari hepatotoksin, apalagi hati ini juga memiliki kerja yang sangat berat untuk menawar racun yang masuk kedalam tubuh.
Begitu banyak manfaat temulawak yang bisa dirasakan, apalagi jika seandainya dikonsumsi secara teratur dikombinasikan dengan beberapa rempah herbal yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Mengenal Beragam Manfaat Temulawak untuk Kesehatan"