Jenis Laporan Keuangan Yang Dapat Dibuat Di BukuKas


Aplikasi pencatat keuangan BukuKas mempunyai semua hal yang dibutuhkan dalam pembuatan laporan tentang keuangan perusahaan. Hanya saja bentuk laporan pada BukuKas terlihat sangat simple. Namun hal ini justru menjadi suatu kelebihan dari aplikasi ini, supaya mudah digunakan. Khususnya untuk pengguna baru dan belum mengetahui banyak hal mengenai akuntansi.

Jenis  Jenis Laporan Keuangan 

Secara garis besar, terdapat 5 buah jenis laporan keuangan di suatu perusahaan, meliputi laba dan rugi, neraca keuangan, arus kas, hutang piutang serta persediaan barang. Sedangkan di aplikasi pencatat keuangan BukuKas, hanya terdapat 3 buah jenis laporan yaitu transaksi, hutang piutang dan laporan.

Meskipun memiliki fitur yang sangat sederhana, tetapi dapat digunakan untuk berbagai macam jenis laporan. Inilah laporan yang dapat dibuat dengan BukuKas :

Laba Rugi 

Tujuan laporan ini adalah untuk mengetahui total kerugian dan keuntungan di sebuah perusahaan dalam satu periode. Jenis laporan ini dapat dibuat dengan BukuKas.

Untuk pembuatan laporan ini sangat mudah. Karena tidak perlu membuat laporan secara manual. Semua data transaksi bulanan hingga hutang piutang, secara otomatis akan masuk ke dalam menu laporan.

Jadi hanya tinggal membaca laporan yang telah ada. Serta menentukan sendiri periode laporan laba dan rugi. Selain itu laporan ini juga dapat diubah ke dalam bentuk file dan hard copy.

Arus kas 

Di dalam BukuKas memang tidak ada fitur tentang arus kas. Tetapi berdasarkan jenis aktivitas arus kas, secara tidak langsung tersedia di aplikasi ini.

Ada 3 buah aktivitas tentang arus kas, yaitu operasi, investasi dan pendanaan. Semua itu dapat dibuat dengan fitur pengeluaran.

Jadi semua bentuk aktivitas arus kas, dapat disusun secara detail dan jelas. Sehingga dapat menghasilkan laporan tentang arus kas yang jelas pula. Lalu dana kas, sebaiknya tidak dicampur dengan dana penjualan. Dengan kata lain, sumber dana operasional dan laba perusahaan harus disusun dan disimpan secara terpisah.

Pembuatan laporan arus kas dengan BukuKas ini termasuk ke dalam indirect method / metode tidak langsung. Karena dihitung melalui laporan pengeluaran yang ada.

Hutang piutang 

Ada suatu fitur menarik yang menjadi kelebihan dari BukuKas ini. Diantaranya yaitu fitur reminder. Dengan fitur ini, tidak akan lupa ataupun terlupa untuk membayar hutang. Fitur ini tidak hanya berlaku bagi orang lain, namun juga untuk diri sendiri.

Selain itu terdapat aplikasi ini mempunyai koneksi langsung dengan kontak. Dimana dapat mengetahui secara jelas detail tentang hutang piutang. Mulai dari tanggal hutang piutang hingga jumlah nominal hutang yang belum dibayar.

Itulah 3 jenis laporan keuangan yang dapat dibuat di aplikasi pencatat keuangan BukuKas. Meskipun tidak semua jenis laporan dapat dibuat, namun setidaknya dapat sedikit meringankan untuk menyusun laporan.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Laporan Keuangan Yang Dapat Dibuat Di BukuKas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel